" />
Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

eSports Game Lokapala

eSports Game Lokapala

Game esports pertama buatan Indonesia bernama Lokapala melengkapi ekosistem industri esports nasional yang selama ini hanya menjadi target pasar game dunia. Namun, untuk bisa bersaing dengan industri global berskala raksasa, Lokapala membutuhkan dukungan sangat besar dari semua pecinta esports nusantara.

Berbicara mengenai industri esports, Indonesia mencatatkan nilai yang sangat fantastis. Di tahun 2019 market industri game nasional mampu menghasilkan Rp16 triliun yang nilainya sama dengan industri esports global. Sayangnya, Indonesia hanya menjadi tujuan pasar game global.

Nilai fantastis yang dihasilkan tersebut didapatkan dari semakin besarnya pengguna game, komunitas game online, serta berbagai penyelenggaraan kompetisi game yang semakin masif. Indonesia menjadi lahan subur yang selalu siap untuk dipanen oleh produsen game asing.

Bagi negara produsen game, industri ini menempati komoditas teratas dalam ekspor budaya. Di Korea Selatan misalnya, dalam kurun waktu selama 5 tahun hingga 2017 industri game mencatatkan pencapaian hingga 1.100% dari K-Pop, dan lebih besar 13.000% dari film Korea.

Bahkan untuk total transaksi penjualan game secara global mencapai Rp1.700 triliun. Nilai tersebut melampaui industri film dunia hingga 140%. Seharusnya Indonesia turut serta dalam industri raksasa ini jika tidak ingin hanya berpuas diri dengan menjadi target pasar terbesar.

Tidak lama ini Melon yang merupakan salah satu Telkom Group dan salah satu game publisher nasional menyadari potensi tersebut. Melon menggandeng Anantarupa Studios yang merupakan game developer tanah air, membuat game esports pertama di Indonesia bernama Lokapala pada Mei 2020 lalu.

“Lokapala adalah game bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)  dan merupakan game Esports lokal pertama di Indonesia yang akan menjadi kebanggaan bagi developer lokal,” ujar CEO Melon, Dedi Suherman.

Nama Lokapala sendiri merupakan sebuah filosofi Nusantara yang bisa diartikan sebagai Guardian of Realms  atau Penjaga Alam. Dengan filosofi tersebut ada penyisipan nilai-nilai budaya dengan penciptaan karakter tokoh historis dan mitologi khas Indonesia. Sehingga generasi muda bisa lebih mudah mengenal budaya tanah air.

“Lokapala  hadir untuk membantu industri kreatif agar kembali berkembang dengan menghadirkan budaya Indonesia kepada anak-anak muda. Kami ingin mempromosikan positif gaming culture karena selama ini gaming diasosiasikan dengan kesan yang tidak baik,” ungkap CEO Anantarupa, Ivan Chen.

Kini industri esports semakin lengkap dengan adanya produk game buatan sendiri dan Lokapala menjadi jawaban dari ironisnya kondisi ekosistem esports tersebut. Indonesia tidak lagi hanya menjadi target market saja, melainkan juga berpeluang untuk bersaing dengan industri game global.

Komunitas game online dan semua perhelatan esports nasional yang sangat pesat diharapkan mampu mendukung Lokapala menjadi game yang layak diperhitungkan. Bahkan diharapkan bisa menjadi komoditas ekspor budaya yang bisa bersaing dalam pasar esports global.

Game buatan putra bangsa ini menjadi momentum pertama tumbuhnya industri game dalam negeri. Lokapala menjadi yang pertama dan berikutnya diharapkan akan terus tumbuh seiring dengan semakin besarnya ekosistem esports di Indonesia, bahkan dunia.

Tag(s) : #Esports, #Game Lokapala, #Game eSports
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: